Gelper Dragon City Game Dumai Masih Beroperasi, Diduga Tidak Memiliki Ijin Resmi

Gelper Dragon City Game Dumai Masih Beroperasi, Diduga Tidak Memiliki Ijin Resmi

CYBER88 | Dumai -- Bisnis GELPER (Gelanggang Permainan) atau permainan ketangkasan dalam tebak ikan ikan menggunakan sarana mesin masih di gemari kaum tua dan muda di Kota Dumai. 

Menarik nya, kendati di daerah atau kota kota lain, seperti Pekanbaru (Riau), Medan (Sumatera Utara) dan daerah lainya GELPER tersebut telah terdengar senyap akibat adanya tindakan pemberantas dan larangan  beroperasi dari pihak berkompeten, karena dikatagorikan termasuk penyakit masyarakat, di Dumai oknum pengusaha GELPER tebak ikan ikan tersebut masih terkesan nekad dan berani untuk mengoperasikan kegiatan GELPER. 

GELPER Dragon City Game yang beroperasi di sekitaran Jalan Tegalega Kecamatan Dumai Selatan itu misalnya. Sejak 01 January 2023 lalu hingga, Kamis (19/01/23) .

GELPER bernama Dragon City Game tersebut terlihat masih beroperasi dan dipenuhi para pemain yang hobi main game tebak ikan.

Konon dalam permainan tebak ikan ikan tersebut. Para pemain kabar nya terlebih dahulu menukar uang kertas menjadi koin. Kemudian koin tersebut dimasukan kedalam mesin tebak ikan yang menyerupai meja billiar.

Dan bila pemain beruntung, pemain kabarnya akan mendapatkan hadiah yang bisa dikemas menjadi kartu bentuk kartu ATM. 

Pemain yang menang alias memperoleh beberapa buah kartu hasil permainan GELPER bisa menukarkan kemenangannya menjadi rokok.

Hal tersebut diakui salah seorang warga Dumai yang mengaku sering menang dalam permainan ketangkasan tebak ikan.

"Kalau kita menang banyak koin. Koin itu bisa ditukar ke kartu. Dan andai kita sudah tidak mau main lagi. Koin yang dikartu itu bisa di tukar ke hadiah bentuk rokok. Yang pasti, sebelum main. Kita harus tukar uang ke koin. Sebab tanpa ada koin. Kita tidak bisa main," ujar seorang pria paroh baya yang tidak mau disebut nama nya di seputaran Jalan Tegalega Dumai.

Adanya dugaan bisnis jual beli rokok untuk upah pemenang dalam permainan GELPER juga diakui salah seorang pria yang disebut sebut sebagai pengurus kegiatan GELPER. " Untuk sementara dana operasional habis untuk membeli dan menukar koin para pemain," Ujar pria yang tidak ingin namanya disebut menjawab kru CYBER88. 

Ironis nya, Kendati di dalam melakukan kegiatannya, oknum pengusaha/ pengelola Gelanggang Permainan Anak anak (GELPER) Dragon City Game yang di Jalan Tegalega hanya mempergunakan ijin TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata) tertanggal 6 Maret 2019 silam dan belum mengantongi ijin seperti, UPL, UKL, Amdal,  IMB.

Namun mulai tanggal 01 January 2023 hingga saat ini kegiatan permainan tebak ikan menggunakan mesin di GELPER Dragon City Game Jalan Tegalega masih tetap beroperasi dengan lancar. 

Sementara petinggi kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Dumai, Yuda Pratama Putra saat di hubungi dan di konfirmasi terkait kegiatan GELPER Dragon City Game yang di Jalan Tegalega, lewat WhatsApp nya Kamis (19/01), Yuda Pratama Putra terkesan enggan untuk menanggapinya. 

Komentar Via Facebook :