Hadiri Pembinaan Ketua RT dan RW di Kelurahan Leuwigajah ini pesan Sekda Kota Cimahi.

Hadiri Pembinaan Ketua RT dan RW di Kelurahan Leuwigajah ini pesan Sekda Kota Cimahi.

CYBER88 | Cimahi - Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan menggelar Pembinaan Ketua RT dan RW, Keberadaan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) memiliki peran yang sangat strategis, utamanya sebagai mitra Kelurahan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, kegiatan tersebut di gelar di aula Kelurahan Leuwigajah, Kamis ( 17/11/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri, Sekretaris Daerah kota Cimahi H Dikdik S Nugrahawan, plt Camat Cimahi Selatan Cepi Rustiawan, lurah Leuwigajah Muhammad Thothoh Gozali Masduki, wakapolsek Cimahi Selatan, Danramil 0908/Cimahi Tengah,Mayor Arm Momon Sudirman Asep Iman, Babinsa dan Babinkamtibmas kelurahan Leuwigajah, para ketua RW dan RT.

Sekretaris Daerah H. Dikdik S Nugrahawan mengatakan, penggalian potensi unggulan di Leuwigajah baik dari segi ekonomi di tahun 2023 dengan program Opor, dan Potensi wisata budaya Cireundeu diharapkan kedepan bisa menjadi daerah tujuan wisata unggulan.

"Dengan adanya penggalian potensi di wilayah dapat meningkatkan potensi investasi di Kota Cimahi. Untuk tahun 2024, direncanakan akan dilaksanakan event di jalan gandawijaya satu kali setiap bulan.

Masih kata Dikdik, Untuk pembangunan para RT RW diharapkan dapat mengawal usulan pada saat Musrenbang, dimulai dari Musrenbang tingkat RW, kemudian tingkat Kelurahan sampai dengan Musrenbang tingkat Kota Cimahi" ucapannya.

Menurut Dikdik, titik berat pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai potensi utama dalam pembangunan berbagai bidang, dimulai dari pembangunan anak-anak sebagai generasi penerus. Kontrol orang tua dan kontrol lingkungan (sosial) akan menjadi sangat berpengaruh terhadap perkembangan pola pikir dan akhlak. Menguasai teknologi harus tapi harus dihindari imbas negatifnya dengan pengawasan orang tua" katanya.

Dikdik menjelaskan, Program prioritas 2023 berupa GRAK OMPIMPAH, One Product One RW (OPOR ) dan Padat Karya merupakan upaya pemerintah Kota Cimahi dalam menanggulangi permasalahan yang terjadi di masyarakat. 

OPOR meningkatkan geliat perekonomian di Kota Cimahi sehingga potensi unggulan tiap kelurahan bisa lebih tergali. Grak Ompimpah mengedukasi masyarakat dalam pembiasaan memilah sampah dari rumah sehingga bisa mengurangi jumlah timbunan sampah. Padat Karya, membiasakan dan mengingatkan masyarakat akan budaya gotong royong untuk menjaga lingkungan sekitar," ucapannya.

Sementara menurut plt Camat Cimahi Selatan Cepi Rustiawan menyampaikan, Kegiatan Musrenbang yang akan di datang di Cimahi Selatan diawali Musrenbang dengan rembug warga di tiap RW, mengusulkan yang 

berorientasi kebutuhan masyarakat seperti, pengolaan sampah yang baik, membangun ekonomi kerakyatan untuk dijadikan prioritas selain kebutuhan" fasilitas umum dan lainnya.

Saat disinggung terkait pemilu di tahun 2024, Cepi mengajak kepada seluruh Ketua RT dan RW di kecamatan Cimahi Selatan untuk pemilu di tahun depan bisa menjaga tali silaturahmi yang baik lingkungan wilayah masing-masing RT dan RW.

Harapannya, jalin silaturahmi yang baik antara forkopimcam, lurah yang lebih segar tersampaikannya informasi dalam menghadapi pemilu yang jurdil, untuk menjaga lingkungan tetap aman dan nyaman dalam hidup bermasyarakat" katanya.

Komentar Via Facebook :