Longsor di Cigombong, Warga Menduga Disebabkan Kecilnya Drainase yang Tak Mampu Menampung Air saat Hujan Deras

Longsor di Cigombong, Warga Menduga Disebabkan Kecilnya Drainase yang Tak Mampu Menampung Air saat Hujan Deras

Longsor yang terjadi di Desa Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (20/7) malam. (Apip)

CYBER88 | Bogor -- Longsor selebar 20 meter dari ketinggian 50 meter terjadi di Kampung Kongsi Atas, RT 1, RW 4, Desa Cigombong, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (20/7/2021) malam sekitar pukul 21.00 WIB.

Drainase yang cukup kecil ditambah intensitas hujan yang cukup besar, sehingga tidak dapat menampung debit aliran air, diduga menjadi penyebab terjadinya longsor. Beruntung, kejadian tersebut tidak menelan korban jiwa, namun kerugian ditaksir sekitar 200 juta Rupiah. 

Saat ini masyarakat khawatir akan muncul longsor susulan, dikarenakan terdapat retakan tanah di sekitaran area longsor yang mengarah ke rumah warga yang bersebelahan dengan titik bencana.

"Kami sudah minta ke Pemdes Cigombong untuk segera mengambil tindakan, agar jangan sampai terjadi ada korban jiwa dan kerugian material yang lebih besar," ucap Awan kepada cyber88.co.id pada Rabu (21/07/2021) siang.

"Kami sangat gelisah sekali. Karena apapun yang terjadi, tebingan di atas rumah kami sudah pada retak," juga keluh Aan Syahlanudin.

Sementara Kades Cigombong, Hendrawan ketika dihubungi cyber88.co.id melalu telepon seluler mengatakan, "Ya, kami sudah turun ke lokasi. Untuk sementara, kami cuma bisa mengatisipasi dengan memperbaiki saluran air dan sudah kami kirim paralon ukuran 8 inci," tuturnya. (Apip)

Komentar Via Facebook :