PT Indah Kiat Cemari Udara, Warga Pulomerak Tuntut Pertanggungjawaban

PT Indah Kiat Cemari Udara, Warga Pulomerak Tuntut Pertanggungjawaban

CYBER88 l Cilegon -- Warga Pulomerak berkumpul di depan Pelabuhan PT. Indah Kiat dengan memasang dan membentangkan spanduk bertuliskan "Stop Polusi Uudara di Merak, Karena Masyarakat Merak Butuh Hidup Sehat, Kembalikan Udara Bersih Milik Kami!" pada Kamis (29/07/2021).

Warga juga ditemui langsung oleh Walikota Kota Cilegon, Helldy Agustian, sambil mengkroscek debu hasil polusi yang menempel di sepanjang jalan. "Kami akomodir keluhan masyarakat dan langsung saya perintah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon untuk segera menyelesaikan apa yang menjadi permasalah masyarakat Tamansari, Mekarsari, Pulomerak," ucap Helldy.

A. Syahban sebagai Koordinator Aliansi Merak Berdaulat mengungkapkan, "Warga Merak ingin hidup sehat tanpa polusi. Kami sudah komplain dan melapor, serta bersurat ke DLH Kota Cilegon. Semoga keluhan kami mendapat tindak lanjut oleh dinas terkait."

"Bukan saja ke DLH, persoalan ini akan kami bawa ke KSOP. Kami minta KSOP bertanggung jawab sebagai yang memiliki kewenangan aktivitas oleh gerak kapal tandu dan tongkang," tegas Syahban.

Sementara itu, Syahban menegaskan kembali akan mengawal terus persoalan ini hingga selesai dan tidak segan-segan akan menggelar Aksi Demo jika permasalahan ini tidak di respon baik oleh pihak PT Indah Kiat atau PT Merak Mas.

Kepala lingkungan setempat RT/RW 06/01, Slamet Riyadi pun mengeluhkan dampak dari aktivitas bongkar-muat tersebut. "Sejauh ini pihak PT Indah Kiat belum ada sama sekali perhatiannya, baik dalam bentuk kontribusi kepada warga dan sikap kepedulianya," katanya.

Hal yang sama di ungkapkan oleh Bowo, Ketua Pemuda Link Sukasari/Batu Bolong,  terkait polusi yang ditimbulkan oleh kegiatan bongkar-muat. "Kalau bisa fungsinya dikembalikan seperti awal bongkar-muat peti kemas saja lah. Percuma PT Indah Kiat berkembang pesat tapi rasa kepeduliannya terhadap lingkungan tidak diperhatikan," cetusnya.

Komentar Via Facebook :