Laura Irawati Ingatkan Pemerintah Kota Cilegon UU no 11 Cipta Karya

Laura Irawati Ingatkan Pemerintah Kota Cilegon UU no 11 Cipta Karya

CYBER88 l Cilegon- ICSB  (Indonesia Council for Small Business) kota Cilegon menggandeng Bank Mandiri mengelar acara sinergi meningkatkan perekonomian UMKM melalui jaringan pentahelix yang berlokasi di Aula Bank Mandiri Cilegon, Selasa (23/11).

Acara di buka oleh Walikota Cilegon Helldy Agustian, dalam sambutannya, Helldy menyampaikan jika Pemkot akan terus mensupport para pelaku UMKM di kota Cilegon. "Para pelaku UMKM harus terus berinovasi dan berkreasi agar supaya usahanya dapat terus berjalan meskipun di situasi pandemi saat ini, dan saya selaku perwakilan dari Pemkot Cilegon akan terus memberikan dukungannya untuk semua pelaku UMKM di kota Cilegon ini," ujarnya.

Helldy mengatakan jika UMKM di kota Cilegon perlu ditingkatkan. "Perlu saya sampaikan jika UMKM di Cilegon ini masih lemah belum seperti UMKM yang ada di kota - kota besar, hal ini terjadi karena UMKM di Cilegon ini tidak tersentralisasi dan terpusat, jadi penjualannya juga agak susah sehingga membuat para pelaku UMKM kurang semangat dalam menjalankan usahanya," tuturnya.

Oleh sebab itu, Helldy menginginkan adanya central UMKM di Kota Cilegon. "Saya berkeinginan nanti di tahun 2022 insya Allah kota Cilegon akan mempunyai central UMKM yang berlokasi di Lingkar Selatan, nanti semua pelaku UMKM Cilegon bisa menjual usahanya disitu sehingga diharapkan penjualannya dapat meningkat dan central UMKM ini juga nanti bisa dijadikan sebagai pusat oleh - oleh khas dari Cilegon," ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Area Head Manager Bank Mandiri Cilegon, Roby Setiady Raja menyampaikan jika dirinya dan Bank Mandiri Cilegon akan terus mendukung dan mensupport pelaku UMKM. "Perekonomian Pemerintah sudah ada peningkatan untuk tahun ini, hal ini terjadi karena adanya para pelaku UMKM, oleh sebab itu kami akan terus memberikan support dan dukungan untuk pelaku UMKM sehingga diharapkan dapat membantu memulihkan perekonomian daerah," jelasnya.

Roby juga berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi para pelaku UMKM Cilegon. "Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan makna yang baik kepada para pelaku UMKM Cilegon secara khusus serta dapat membangkitkan semangat untuk terus menjalankan usahanya," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Laura Irawati selaku direktur ICBS  menjelaskan, "ICBS ini sama dengan PIWKU (Pusat Inkubator Wirausaha & Klinik UMKM) kita ingin agar UMKM yang sudah dibina oleh pemerintah kota Cilegon kita bantu peningkatan omzet nya melalui pemasaran, dalam pemasaran secara digital ini kita akan bekerja sama dengan marketplace NGEJUBEL dan HIPPI Mall. kita mengajak UMKM nya untuk naik kelas secara real melalui pengadaan barang dan jasa di pemerintahan,"tuturnya

"Sesuai dengan undang-undang nomor 11 cipta karya itu memang harus diserahkan kepada UMKM sebanyak 40% ini yang banyak belum diketahui oleh masyarakat, dan ini juga yang mungkin belum diketahui oleh pemerintah bahwa memang harus ada perlindungan  kepada UMKM secara real lewat pengadaan barang dan jasa di pemerintahan ini," lanjutnya.

"Dan tadi Walikota Cilegon sudah sangat luar biasa menyampaikan dukungannya dan akan membantu secara regulasi juga akan dibicarakan dengan dinas terkait untuk merealisasikan ini,semoga didukung oleh dinas-dinas terkait untuk bisa merealisasikan kebijakan dari pak walikota Cilegon yang akan di turunkan untuk mengawal UMKM agar pengadaan barang dan jasa dibawah 200 juta ini Bela UMKM bisa direalisasikan," jelasnya.

Firdaus pengusaha muda yang memulai usahanya dari nol dan kini menjadi pengusaha garmen yang cukup berkembang, dan mendapat pelatihan dari berbagai macam sumber memberikan pesan kepada kita.

"Jangan nunggu sempurna dulu untuk menilai sesuatu tapi mulai aja dulu, keberanian untuk memulai karena modal utama, wawasan dan pengetahuan sangat di perlukan,  setelah kita punya keberanian kemudian juga punya wawasan pengetahuan kita harus tekun dalam menjalankan sebuah bisnis, sebuah bisnis gampang memulai mempertahankannya nggak susah yang mempertahankan itulah harus dengan tekun dan kedisiplinan dan sebagainya, pungkasnya. (Kiky).

Komentar Via Facebook :