Inspektorat Kabupaten Bogor Melakukan Audit di Desa Cimande

Inspektorat Kabupaten Bogor Melakukan Audit di Desa Cimande

CYBER88 | Bogor -- Inspektorat Kabupaten Bogor melakukan audit realisasi APBDesa tahun anggaran 2021 dan 2022 untuk Bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) di Desa Cimande Jaya Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Selasa (21/6/2022). 

Tak hanya mengecek penyaluran BLT DD, pihak Inspektorat juga mengecek pembangunan yang telah terialisasikan seperti fisik pembangunan samisade

Didampingi oleh Sekretaris Camat, Kasi Pemerintahan dan Kasi Ekbang, Kecamatan Caringin, pihak Inspektorat langsung bertemu dengan para Keluarga Penerima Manfaat untuk memastikan BLT- DD  tahun 2021 dan 2022 benar-benar diterima. Diketahui, KPP di Desa Cimande Jaya sebanyak 198 KPM

Pantauan awak media, tanya jawab dengan warga penerima manfaat, selain yang dipertanyakan BLT DD, Inspektorat juga mempertanyakan terkait penerima PKH dan BPNT.

Salah satu peserta mengarakan, kunjungannya inspektorat ke Desa Cimande untuk menanyakan kepada masyarakat yang menerima BLT DD yang di salurkan oleh Pemdes Cimande jaya benar apa tidak.

Kedatangan insfektorat ini untuk audit juga meyakinkan bahwa penyaluran BLT DD benar - benar di salurkan kepada Masyarakat Desa Cimande pada tahun 2021 dan 2022,”Katanya

Icih saat ditermui awak media mengatakan bahwa dirinya adalah penerima BLT DD tahun 2021 dan 2022.

"Benar saya dapat bantuan BLT tahun 2021 sebesar tiga ratus ribu rupiah Selama satu tahun dan pada tahun 2022 pun saya alhamdulilah mendapatkan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cimande Jaya Topik Bahrudin mengatakan hal yang sama bahwa kedatangan Inspektorat dari Kabupaten Bogor untuk audit bantuan BLT  DD yang telah di salurkan pada TA 2021 dan TA 2022.

“Pihak Inspektorat juga mengecek pembangunan yang telah terialisasikan seperti fisik pembangunan samisade di kp nanggoh RT 04 RW 02," jelasnya saat ditemui awak media.

Menurut dia, audit ini di lakukan setiap tahun kepada 12 desa di Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor. Di Desa Cimande, Inspektorat langsung bertemu dengan warga yang menerima BLT DD.

Selanjutnya Inspektorat melakukan pengecekan fisik samisade yang ada di Kampung Nangoh RT 04/02 desa Caringin Jaya didampingi Sekretaris Camat L.Rivaldi bersama staf desa dan TPK.

Hasil pembangunan Samisade itu, panjangnya 72 meter dan leber 2,5 meter dengan ukuran bervariasi panjang lebarnya. (Jeki)

Komentar Via Facebook :