Kepala Inspektorat Kaur: 50 % Mantan Pjs Kepala Desa 2020 - 2021 Kembalikan Uang Negara

Kepala Inspektorat Kaur: 50 % Mantan Pjs Kepala Desa 2020 - 2021 Kembalikan Uang Negara

Harika, SE., Kepala Inspektorat Kabupaten Kaur

CYBER88 | Kaur – Harika, SE., Kepala Inspektorat Kabupaten Kaur menyatakan, dari beberapa temuan yang telah dilakukan pemeriksaan terkait pengelolaan keuangan desa dari tahun 2020 - 2021, sudah 50 % dilakukan pengembalian oleh PJS kepala desa.

Sementara untuk tahun 2018 - 2019 itu mungkin sudah dilakukan  oleh pihak sebelumnya. Akan tetapi kalau ada laporan dari pihak lain, maka kami akan lakukan audit ulang (investigasi), “Kata Harika saat ditemui Cyber88.co.id di kantornya di Padang Kempas.

Menurut Harika, diantara desa - desa dalam 15 kecamatan yang tersebar di wilayah kabupaten kaur dari hasil Audit yang dilaksanakan ditahun anggaran 2020 - 2021, temuan terbanyak di desa-desa dalam kawasan Kecamatan Kaur Utara salah satunya adalah Desa Guru Agung Satu. Inipun pihaknya belum melakukan Pemeriksaan lanjutan/investigasi.

Di sisi lain Harika mengaku adanya kekurangan waktu untuk melakukan pemeriksaan di 192 desa yang disebabkan pihaknya masih kekurangan anggota Auditor dalam  pelaksanaan kegiatan.

“Pemeriksaan kegiatan desa itu dilakukan tidak cukup satu atau dua hari saja dalam satu desanya. Jadi kalau 192 desa harus kita periksa semua maka akan menghabiskan waktu berbulan - bulan lamanya, “Jelas dia.

“Tentu saja untuk pemeriksaan kegiatan - kegiatan lainnya akan terbengkalai. Karna itu di kedepannya akan melakukan pemeriksaan atas 192 desa ini, “Sambungnya.

Kata dia, yang dilakukan pemeriksaan hanya beberapa desa saja sebagai Sampel kegiatan. Sisanya dilakukan pemeriksaan bilamana ada laporan saja.

Harika juga melanjutkan, bahwa dari lebih kurang 100 pengontrol diluar sistem Kabupaten Kaur mayoritas hanya menanyakan pada pihaknya seputar kegiatan desa saja. Sementara proses Audit kegiatan lainnya tidak begitu dipertanyakan. Ia juga menegaskan bila ada laporan - laporan dari pihak lain

“Terkait kegiatan - kegiatan di tahun - tahun sebelumnya pihaknya akan melakukan Audit Ulang terkait kegiatan yang dilaporkan, “Katanya menandaskan.

Harika menambahkan, di masa jabatannya ini, sejauh ini dalam proses Auditor yang dilakukan belum ada pihak yang direkomidasikan ke pihak APH dengan alasan sepanjang pihak - pihak yang bersangkutan masih memiliki niat baik untuk melakukan pengembalian ia akan berusaha selalu untuk meningkatkan Kaur lebih baik dari sebelumnya. (Riko)

Komentar Via Facebook :