Paguyuban Asep Dunia Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

Paguyuban Asep Dunia Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

Presiden PAD Asep Ruslan bersama Tim ARJUNA di Kec. Cugenang, Kab. Cianjur, Selasa 29 November 2022 (Foto: Humas PAD)

CYBER88 | Cianjur -- Presiden Paguyuban Asep Dunia (PAD) Asep Ruslan atau yang akrab disapa Kang Presiden, meninjau langsung lokasi terdampak gempa bumi berkekuatan 5,6 M pukul 13:30 WIB yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) lalu yang menimbulkan korban jiwa dan kerusakan infrastruktur di Kabupaten Cianjur, Selasa (29/11/2022). 

Menurut Kang Presiden, tim gabungan pencarian dan penyelamatan gempa bumi Cianjur pada hari ini Senin (29/11/2022) berhasil menemukan 4 jenazah di lokasi pencarian. Penemuan tersebut menambah jumlah korban meninggal dunia menjadi 327 orang. 

Sementara itu, korban hilang pasca gempa bumi tersisa 5 orang bertambah lagi menjadi 13 orang dikarenakan adanya laporan baru orang hilang dari kepala desa sebanyak 8 orang, dari Desa Cijedil sebanyak 6 orang dan dari Desa Mangunkarta sebanyak 2 orang. 

“Sehingga proses membantu masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi di Cianjur menjadi prioritas saat ini, kita konsentrasi. Dan siang ini untuk penyaluran bantuan kita akan konsentrasi di beberapa titik lokasi hasil assessment Tim ARJUNA,” ujar Kang Presiden di Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur pada Selasa (29/11/2022).

Asep Ruslan menjelaskan, terdapat sejumlah kendala dalam melakukan penyaluran bantuan ini. Mulai dari kondisi lapangan yang curam serta curah hujan yang cukup tinggi.

“Dari hasil koordinasi sebelumnya dengan Kepala Departemen Sosial dan Budaya DPP Paguyuban Asep Dunia Asep Saepudin dan Ketua ARJUNA (Asep Rescue Terjun Bencana) Asep Jaelani. Tim ARJUNA dan Relawan sudah melakukan assement dan koordinasi dengan berbagai pihak dan instansi terkait satu hari setelah gempa bumi melanda Cianjur,” tutur Kang Presiden.

Selain memantau situasi di lapangan,  Presiden PAD juga ingin memastikan bahwa penyaluran bantuan titipan dari para Donator Asep dan Baraya Asep dapat berjalan dengan baik dan disampaikan kepada masyarakat Cianjur yang sangat membutuhkan

“Termasuk juga kekurangan tenda, tadi ada juga keluhan air bersih, karena memang ini titiknya banyak sehingga butuh waktu untuk mendistribusikan. Saya ingin pastikan itu semuanya segera terdistribusi dengan baik dan tepat sasaran,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Asep Ruslan, mengunjungi tenda pengungsian yang menjadi tempat tinggal sementara para warga yang terdampak gempa bumi dan menyalurkan bantuan untuk 804 orang (272 KK) di RT.01 dan RT.02, RW.04, Kampung Lembur Sawah, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. 

Presiden PAD  juga meminta para pengungsi untuk sabar dan tawakal dalam menghadapi cobaan berupa bencana alam ini.

“Pertama-tama, atas nama pribadi dan atas nama Paguyuban Asep Dunia (PAD), saya ingin menyampaikan dukacita yang mendalam, belasungkawa atas terjadinya musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur ini. Semoga masyarakat yang terdampak diberi kekuatan dan selalu sehat dalam lindungan Allah SAW. Untuk yang meninggal dunia, semoga Allah SWT mengampuni segala dosa almarhum dan almarhumah, diterima amal kebaikannya dan Husnul Khatimah. Serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, kekuatan dan keikhlasan. Aamiin ya rabbal’alamiin,” pungkasnya.

Salah satu warga terdampak gempa bumi Asep Hidayat (49 th) warga  RT.01 RW. 02 Kampung Lembur Sawah Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, mengaku sangat mengapresiasi kehadiran Presiden PAD Asep Ruslan dan Tim ARJUNA di lokasi tersebut. Ia juga berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Paguyuban Asep Dunia.

"Terima kasih kepada Bapak Presiden Paguyuban Asep Dunia, Bapak Haji Asep Ruslan yang sudah membantu dalam keadaan kita yang sedang berduka. Semoga tergantikan apa yang telah diberikan oleh para donator Paguyuban Asep Dunia. Aamiin Yaa Robbal Alamiin. Hatur nuhun," ucap Asep Hidayat.

Asep pun berharap Paguyuban Asep Dunia dengan Tim ARJUNA dapat membantu melakukan pembangunan terhadap rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa bumi, banyak rumah warga yang ada di wilayah tersebut mengalami kerusakan.

“Besar harapan saya, dimohon Paguyuban Asep Dunia dan Tim ARJUNA dapat membantu pembangunan rumah warga yang sudah hancur, karena dari sekian ratus rumah di sini, yang hancur itu bisa dikatakan banyak yang rusak berat,” tandasnya.

Turut mendampingi kunjungan Presiden PAD dalam kegiatan tersebut adalah Staf Khusus Presiden PAD Asep Hidayat (Kang Ahi), Ketua PAD DPW Priangan Barat Asep Kamal, Wakil Ketua ARJUNA Asep Kurniawan, Ketua Tim ARJUNA Penanganan Gempa Bumi Cianjur Asep Uyong, Ketua PAD DPD Cianjur Asep Naswari (Kang Jihan) dan Relawan ARJUNA Febrian Saputra, Farhan Panjaitan, Ijal Fauzi dan tokoh masyarakat Cianjur H. Yuyu. [Red)]

Komentar Via Facebook :