Histori SMP Negeri 1 Cilegon Berdasarkan Sejarah

Histori SMP Negeri 1 Cilegon Berdasarkan Sejarah

Gedung SMPN1 Cilegon saat ini (31/01/2023)

CYBER88 | Cilegon – 13 tahun setelah kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945 tepatnya tahun 1958 berdirilah sebuah sekolah pertama di Cilegon yang berstatus negeri (yang dibangun oleh pemerintah). Saat ini SMP Negeri 1 Cilegon genap berusia 65 tahun (1958 - 2023), pada saat itu satu-satunya sekolah menengah pertama yang berstatus negeri di Cilegon yang berdiri pada tanggal 9 Januari 1958 yang berlokasi di Acing (saat ini lokasi tersebut dekat rumah keluarga Almarhum Tb. Aat Syafa'at), bahkan saat masa itu dikenal dengan sebutan SMP Acing.Memasuki era tahun 1962 dilakukan peletakan batu pertama Proyek Besi Baja Trikora dan 1967 Proyek Besi Baja Trikora Pemerintah mendorong perubahan status Proyek Besi Baja Trikora menjadi Perseroan Terbatas (PT) sesuai dengan Keputusan Presiden (Inpres) No.17 tanggal 28 Desember 1967. Dengan berdirinya Pabrik Baja Trikora yang merupakan babak baru bagi era industri wilayah Cilegon dan Nasional.

Industri baja Trikora berkembang pesat setelah keluar Peraturan Pemerintah Nomor 35 tahun 1970 tanggal 31 Agustus 1970 yang mengubah pabrik baja Trikora menjadi pabrik baja PT. Krakatau Steel Cilegon berikut anak perusahaannya. Perkembangan pesat industri di Cilegon berpengaruh terhadap kondisi sosial budaya dan tata guna lahan. Setelahnya daerah persawahan dan perladangan berubah menjadi daerah industri, perdagangan, jasa.

Sekitar tahun 1970-an setelah terjadi perubahan Pabrik Baja Trikora menjadi PT. Krakatau Steel berikut anak perusahaannya. Perkembangan industri yang pesat di Cilegon berdampak pula terhadap sektor lainnya seperti pendidikan, perdagangan, jasa dan jumlah penduduk yang terus meningkat. Mata pencaharian penduduk Cilegon yang semula sebagian besar adalah petani berubah menjadi buruh, pedagang dan lain sebagainya, perubahan itu sangat fundamental dari daerah agraris menjadi daerah industri. Mulailah para karyawan yang bekerja di PT. Krakatau Steel khususnya dan beberapa anak perusahaan lainnya menyekolahkan putra-putrinya di SMPN 1 Cilegon.

Sebagaimana diutarakan di atas, sekitar 4 tahun sebelum berdirinya pabrik baja Trikora pada tahun 1958 di Jalan Bojonegara Lingkungan Acing Pegantungan Desa Jombang Wetan Cilegon berdiri sebuah SMP yang merupakan cikal bakal SMP Negeri 1 Cilegon. Sekolah ini berdiri tepatnya tanggal 9 Januari 1958, yang merupakan kelas jauh dari SMP Negeri Kabupaten Serang Propinsi Jawa Barat saat itu. Sekitar tahun 1970-an SMP Negeri yang terletak di Acing Pegantungan itu direlokasi ke Jalan Stasiun No. 34 Kelurahan Jombang Wetan yang pada waktu itu merupakan bekas penjara jaman penjajahan Belanda yang kemudian dibangun oleh Korem Maulana Yusuf Banten sehingga dikenal dengan SMP Maulana Yusuf.

Sesuai perkembangan zaman, waktu terus berlalu, pada tahun 1982 Pemerintah Kabupaten Serang saat itu menetapkan setiap kecamatan di wilayah Cilegon harus ada satu SMP Negeri dan karena pemekaran wilayah di bukalah beberapa SMP disekitar Cilegon dan SMP Negeri Cilegon menjadi SMP Negeri 1 Cilegon.

Pada waktu itu di daerah Kecamatan Cilegon, Kecamatan Pulomerak, Kecamatan Bojonegara, Kecamatan Waringin Kurung, Kecamatan Mancak dan Kecamatan Anyer, hanya ada satu SMP Negeri, yaitu SMP Negeri Cilegon. Sejak awal SMP Negeri Cilegon menjadi SMP yang favorit karena pemuda pemudi berebut ingin masuk ke SMP Negeri Cilegon.

Pada tahun 1978 ada kebijakan baru dari Kementerian P&K saat itu menterinya Daoed Joesoef bahwa ada penambahan 6 (enam) bulan masa pendidikan pada jenjang SMP dan SMA, dan pada tahun 1979 beberapa kelas (siswa kelas tiga) di pindahkan di kelas jauh yang berlokasi di Kavling Blok F (sekarang SMPN 2 Cilegon).

Cilegon berada di ujung barat laut Pulau Jawa, di tepi Selat Sunda. Kota ini dulunya merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Serang, kemudian ditingkatkan statusnya menjadi kota administratif, dan sejak tanggal 20 April 1999 ditetapkan sebagai kotamadya (sebutan kotamadya diganti dengan kota sejak tahun 2001). Dalam perkembangannya telah berdiri beberapa SMP Negeri di beberapa wilayah kecamatan.

Saat ini, 9 Januari 2023 SMPN 1 Kota Cilegon genap berusia 65 tahun, cukup tua memang dan tentunya sarat dengan pengalaman serta segudang prestasi akademik dan non akademik, senyatanya saya ataupun mungkin Anda adalah salah satu alumni dari SMPN 1 Cilegon dari sekian ribu orang yang juga pernah bersekolah di SMPN 1 Cilegon dan yang tidak akan melupakan almamaternya. 

Masih segar pada ingatan kita tentang prestasi sekolah ini, SMP Negeri 1 Cilegon selalu mengikuti lomba yang diadakan TVRI. Itu sekitar tahun 1993-an. SMP Negeri 1 Cilegon selalu hadir di acara cepat tepat yang diadakan TVRI jaman itu. Dan gaungnya mars SMP Negeri 1 Cilegon itu sangat terasa menyemangati jiwa-jiwa yang haus Pendidikan dan perubahan ke arah kebaikan. Hal itu terbukti banyaknya peserta didik yang berprestasi di tingkat Nasional.

Sejak sekitar tahun 1992 para guru sudah melakukan peningkatan kompetensi akademiknya dengan kualifikasi S1 dan beberapa tahun kemudian guru-guru SMP Negeri 1 Cilegon sudah memiliki kualifikasi S1 dengan gelar S.Pd. baik yang melalui beasiswa, pilot projek, atau mandiri. Dan tahun 2012 hingga saat ini sudah banyak para guru yang kualifikasinya S2 bidang pendidikan.

Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan tidak terlepas dari prestasi dan kompetensi guru-guru dan pimpinan sekolah sebagaimana diamanatkan oleh para mendiang guru-guru dan kepala sekolah terdahulu yang tidak boleh dilupakan walaupun sebagian dari mereka ada yang sudah purna tugas dan yang telah tiada (wafat) semoga ditempatkan di surga. Terima kasih kepada Bapak/Ibu guru yang berjasa dalam perjalanan panjang SMPN 1 Cilegon, seperti H. Achmad Hudjaeni (alm), Hj. Asni Bustami (alm), Arifudin (alm), H. M. Saleh Sudjana (Alm), Hj. Sawati (alm), Hj. Sultiah, Hj. Nani Kartini (alm), Hj  Tjitjih Lestari, Hj. Sultiah, Empi Supriadi (Alm), Andi Ertadi (Alm), Yayat Hidayatullah (Alm), H. Oding Tarsodin, Meno, H. Waslam, Ustad H. Rifa'i dan lainnya yang tak mampu kami sebutkan satu persatu. Adapun Kepala Sekolah sejak pendirian awal hingga saat ini yang sedang memimpin SMPN 1 Cilegon seperti : Suparyan (alm), H. Achmad Basuni (alm), H. Muhammad Saleh Sudjana (alm), Hj. Asni Bustami (alm), Azhar Suradi (alm), H. Yusuf Arifana (alm), Saleh Juprani (alm), H. Achmad Hasan, S.Pd., Sulaeman, S.Pd. Ruliyanto, S.Pd. dan saat ini SMPN 1 Cilegon dipimpin oleh Hj. Reny Damayanti, M.Pd. (yang juga putri dari Almarhum Hj. Asni Bustami).

Dedikasi, pendidikan dan pengajaran yang dilaksanakan para pendidik (guru-guru) yang kompeten di bidangnya, lulusan SMP Negeri 1 Cilegon selalu memenuhi ruang-ruang kelas SMA Negeri 1 Serang dan SMA/SMK Negeri di Wilayah Kota Cilegon. Sebagaimana kita ketahui SMA/SMK yang juga sekolah unggulan memolesnya lebih kuat lagi, maka banyak dari mereka yang dapat mencapai tujuan akhirnya, yaitu kuliah di ITB, Unbraw, UI dan beberapa Perguruan Tinggi ternama dan mereka banyak yang lulus.

Perkembangan proses pembelajaran di SMPN 1 Cilegon hingga tahu  2021 sangatlah membanggakan, terlebih dengan diterimanya Surat Keputusan yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 1 Tahu  2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah. SMPN 1 Cilegon menempati urutan pertama rekomendasi sekolah terbaik. Adapun rekomendasi 10 SMP negeri dan swasta terbaik Kota Cilegon, Banten beserta hasil rerata nilai UN-nya dengan Nilai rerata UN : 87,74.

adalah sebagai berikut, dikutip seputarlampung.com dari puspendik.kemdikbud.go.id:

Sekedar memberikan motivasi untuk kemajuan sekolah dan keberhasilan bagi siswa dan siswi yang saat ini menempuh pendidikan dalam merai cita-citanya, kita dapat lihat pada lagi Mars SMPN 1 Cilegon karya Ibu Hj. Reny Damayanti, M.Pd.

'MARS SMPN 1 CILEGON'.
Datang - datanglah hari bahagia
bagi kami semua dapat belajar dengan gembira demi masa mendatang Terimakasih pada semua
ibu - bapak guruku Yang telah rela berkorban, membimbing kami semua
Majulah maju Tuntutlah ilmu
bagi nusa dan bangsa                Majulah maju SMP Satu.                SMP Cilegon pasti jaya                    SMP Cilegon pasti jaya... Pasti Jaya

Semoga saat ini dan pada masa mendatang SMPN 1 Cilegon yang kita cintai terus melahirkan generasi emas untuk Indonesia di masa mendatang... Selamat Milad ke- 65 Sekolahku....anivversary sekolah kita....Jayalah SMP Negeri 1 Cilegon.

Aff. Bayu Panatagama, S.Pd., MM.
Ketua Komite SMPN 1 Cilegon.

Komentar Via Facebook :