Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon Kirimkan 1,7 Ton Sampah ke Halaman Kantor Walikota?

Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon Kirimkan 1,7 Ton Sampah ke Halaman Kantor Walikota?

CYBER88 | Cilegon — Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon mengirimkan 1,7 ton sampah plastik ke halaman Kantor Walikota Cilegon. Sampah tersebut merupakan hasil pengumpulan dari para pelajar dan juga masyarakat Cilegon, Rabu (21/2).

Aksi tersebut bukanlah bentuk demonstrasi dari masyarakat kepada pemerintah, namun sebagai upaya dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari. Yang menurut sejarah, hal ini untuk mengenang peristiwa Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 2005 silam yang merenggut 157 jiwa.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon, Sabri Mahyudin mengatakan, bahwa pagi tadi telah dilakukan penandatanganan MoU antara Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR dan Pemerintah Kota Cilegon tentang Sinergi Perencanaan, Pelaksanaan Pembangunan, Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pengelolaan Tempat Sampah Terpadu di Kota Cilegon. 

Kemudian, dilanjutkan dengan penandatanganan Peraturan Walikota Cilegon tentang Rencana Induk Sistem Pengelolaan Sampah Kota Cilegon yang berlokasi di Bagendung.

Dari 1,7 ton sampah yang terkumpul, merupakan hasil dari lomba pengumpulan sampah plastik kresek terberat tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Bank Sampah, dan juga masyarakat. Nantinya, sampah tersebut akan dikolaborasikan dengan PT. Chandra Asri untuk diolah menjadi bahan aspal plastik maupun BBM.

"Jadi ada 2 produk yang nanti akan dihasilkan dari sampah ini. Untuk aspal plastik direncanakan untuk jalan di TPSA Bagendung," ungkap Sabri.

Dirinya juga menjelaskan, dari analisa yang dilakukan oleh rekan-rekan Chandra Asri, potensi sampah plastik dalam 1 tahun di Kota Cilegon sebesar 196,4 ton.

"Kalau 90 persennya saja, sekitar 176,7 ton digunakan untuk gelaran aspal plastik, dapat digunakan untuk 110,5 Km di Kota Cilegon," terangnya.

Selain itu, kata Sabri, untuk sampah plastik yang diolah menjadi Bahan Bakar Minyak, akan dibagikan ke sekolah-sekolah yang membutuhkan secara gratis.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama dalam rangka HPSN, pembagian hadiah, penyematan rompi secara simbolis oleh Indonesia Power kepada Petugas TPS, juga pengiriman simbolis hasil BBJP TPS Bagendung ke Indonesia Power.

Komentar Via Facebook :