AKBP Rendra Oktha Dinata Tepis Berita Hoax Terkait PETI di Sungai Alah Kuansing

AKBP Rendra Oktha Dinata Tepis Berita Hoax Terkait PETI di Sungai Alah Kuansing

Masyarakat Sekitar Dulang Emas Secara Tradisional (ist)

CYBER88 | Kuantan Sengingi - Adanya pemberitaan disalah satu oleh media online Kuansing yang berjudul "TAK JERA,PETI SUNGAI ALAH BEKERJA KEMBALI" pada hari Senin (13/09/21), Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata S.I.K. M.Si saat dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim AKP Boy Marudut Tua SH, mengakui telah mendapatkan informasi terkait pemberitaan media online yang dimuat oleh seseorang berinisial A. Selasa, (14/09/21).

Beliau juga menyampaikan bahwa berdasarkan informasi tersebut, sekitar jam 06.20 Wib Tim Satreskrim Polres Kuansing langsung melakukan pengecekan ke lokasi yang diduga masih melakukan aktivitas PETI di desa Sungai Alah Kecamatan Hulu Kuantan.

Dari hasil pengecekan, ternyata tidak ditemukan kegiatan aktivitas PETI seperti yang diberitakan oleh salah satu media Online tersebut.

Di lokasi yang dilaporkan, Tim Reskrim yang langsung dipimpin Kasat Reskrim, hanya menemukan 3 orang warga yang mencari butiran emas dengan cara mendulang secara tradisional.

Salah seorang warga yang melakukan aktivitas Pendulangan tersebut menjelaskan, bahwa proses pendulangan dilakukan secara manual, dan dari pekerjaan tersebut mereka memperoleh emas hanya untuk menghidupi keluarganya, namun terkadang tidak mendapatkan hasil jelasnya,

Dia juga menerangkan bahwa sudah lama tidak ada aktivitas peti yg menggunakan alat berat disini, "Heran juga saya, darimana info yg menyatakan disini sedang terjadi aktivitas PETI? Apalagi yg menggunakan alat berat?," Tanya Boy.

Dengan adanya pemberitaan Hoaks ini, Boy menghimbau kepada awak media untuk tidak membuat berita yang belum pasti kebenarannya ucapnya dengan tegas.

Potensi emas di Kuansing dinilai cukup tinggi, masyarakat berharap agar pemerintah dapat membantu masyarakat untuk mengeluarkan Izin Penambangan Rakyat (IPR). (Red/Rz).

Komentar Via Facebook :