Ketua PP PAC Banjaranyar Apresiasi Sidak yang Dilakukan Dinas Terkait ke Lokasi Pembangunan Wisata Pasir Aul

Ketua PP PAC Banjaranyar Apresiasi Sidak yang Dilakukan Dinas Terkait ke Lokasi Pembangunan Wisata Pasir Aul

Petugas dari PUTR dan DPMPTSP Ciamis di Sekretariat PP PAC Banjaranyar Usai Melakukan Sidak ke Pembangunan Wisata Pasir Aul Selasa (7/3/2023)

CYBER88 | Ciamis -- Ketua PP PAC Banjaranyar Asep Tarsa, mengapresiasi tindakan yang dilakukan oleh petugas dari PUTR Bidang Tata Ruang dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kabupaten Ciamis yang langsung turun ke lapangan guna memastikan laporan pengaduan terkait kegiatan pembangunan tempat wisata alam Pasir Aul yang belum melengkapi seluruh perizinan hingga mengantongi IMB atau PBG.

Menurutnya, pengaduan yang disampaikan pada pihak penegak perundang undangan itu, dalam rangka menjalankan peran fungsinya sebagai kontrol sosial dan itu merupakan hasil investigasi di lapangan.

Ia berharap, hal ini akan menjadikan pelajaran sekaligus peringatan bagi semua pihak yang mau melakukan kegiatan pembangunan di wilayah Kabupaten Ciamis khususnya di Kecamatan Banjaranyar.

Asep Tarsa menyatakan bahwa pihaknya sangat mendukung adanya Korporasi atau perorangan yang melakukan investasi di Kabupaten Ciamis khususnya di Kecamatan Banjaranyar. Karena, menurutnya dengan adanya tempat wisata Pasir Aul, akan mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

Baca Juga : Pembangunan Wisata Alam Pasir Aul Disebut Sebut Belum Kantongi PBG, DPMPTSP: Investor yang Membangun di Ciamis Mesti Melengkapi Semua Perizinan

Namun demikian, kata dia, pihak investor yang melakukan kegiatan pembangunan seperti yang tengah dilakukan oleh PT Gelora Cilacap, tidak melabrak aturan dan ketentuan yang ada di Kabupaten Ciamis.

Aktifis Asal Dusun Sukadana ini menilai kalau pihak PT Gelora Cilacap kurang serius untuk menyelesaikan perizinan. Pasalnya, dari data yang diketahui yakni SPPL (Surat pernyataan Kesanggupan Pengelolaan Lingkungan Hidup) sudah keluar pada tanggal 17 Oktober 2022 namun hingga kini belum memiliki IMB.

"Terlebih saat kami menemui pihak DPMPTSP Ciamis, belum ada pengajuan perizinan dari PT Gelora. Bahkan, kata Kepala Dinas belum pernah melihat Masterplannya," Kata Asep pada Cyber88.co.id, di Sekretariat PP PAC Banjaranyar, Kamis (9/3/2023).

Untuk itu, Asep juga berharap pihak Dinas terkait tidak hanya sebatas seremonial saja turun ke lapangan. Tetapi, harus diikuti dengan tindakan yang nyata. Apalagi kegiatan pembangunan sudah di mulai sejak sekitar bulan Juni lalu.

"Mungkin seharusnya kegiatan Pembangunan Wisata Pasir Aul dihentikan dulu sampai mereka melengkapi seluruh perizinan," Tandasnya (Samsu).

Komentar Via Facebook :