Sejumlah Elemen Masyarakat Bersama Forkopimcam Sinergi Dalam Razia Obat dan Minuman Beralkohol

Sejumlah Elemen Masyarakat Bersama Forkopimcam Sinergi Dalam Razia Obat dan Minuman Beralkohol

CYBER88 | GARUT - Maraknya penyalah gunaan obat-obatan dan minuman beralkohol oleh remaja di lingkungan Kecamatan Cikajang membuat sejumlah Tokoh agama serta masyarakat geram.

Penggerebekan terhadap sejumlah warung dilakukan setelah Tokoh agama, santri dan sejumlah warga melaporkan adanya dugaan aktivitas ilegal di warung tersebut kepada pihak berwenang. Petugas gabungan TNI dari Koramil 1116/Cikajang dan Kepolisian Sektor Cikajang segera turun tangan untuk mendampingi serta melakukan penggerebekan yang dilakukan oleh Tokoh agama, santri dan sejumlah warga tersebut pada Sabtu (04/11/2023).

Ketika melakukan penggerebekan, petugas menemukan sejumlah bekas botol alkohol 70 persen karena sudah dipergunakan berada di warung tersebut. Selain itu, mereka juga menemukan puluhan botol alkohol 70 persen yang masih utuh dan juga puluhan strip obat jenis Seledryl.
Pemilik warung yang diduga sebagai pelaku ilegal ini berhasil ditangkap dan dibawa ke kantor polisi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sementara itu, barang-barang yang ditemukan di warung tersebut disita sebagai barang bukti untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Dikatakan Aceng Wahab Pimpinan Pondok Pesantren Al Islah yang juga sebagai sekretaris Forum Komunikasi Ajengan dan Santri (Fokas) Cikajang menyatakan keprihatinannya dan mengutuk keras dengan maraknya minuman oplosan yang mayoritas pemakainya itu masih di bawah umur.

"Saya akan terus menerus membasmi apapun yang merusak generasi bangsa ini. Saya mengajak kepada para ulama. Santri dan masyarakat untuk ikut andil dalam menciptakan Cikajang bersih dari miras dan napza," ungkapnya pada media di lokasi penggerebekan Kp. Papanggungan RT.02 RW.08, Desa  Mekarsari, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut.

Lebih lanjut Aceng juga mengingatkan bahwa apabila hal itu masih terjadi maka ia pun tidak segan-segan untuk langsung turun kembali bersama para ulama, santri dan masyarakat.

"Saya minta kepada Dinas Kesehatan supaya bisa ikut andil dalam mengawasi maraknya penjualan obat yang disalahgunakan, yang akhirnya berdampak pada meningkatnya tindak kriminal," pungkas Aceng Wahab.

Tak jauh dari lokasi penggerebekan pertama, tokoh agama, santri serta warga bersama petugas dari Koramil 1116/Cikajang dan Polsek Cikajang kemudian melakukan pengembangan. Di dua tempat penjualan lainnya didapati barang/obat-obatan yang sama dan diamankan oleh petugas.

Sekitar pukul 18.00 WIB dilakukan pengembangan kembali ke rumah kontrakan terduga dan ditemukan puluhan lembar obat jenis Seledryl (obat batuk) dan puluhan Botol Alkohol Onemed 70 persen. Saat ini para terduga dan barang bukti telah diamankan ke Polsek Cikajang-Polres Garut.

Komentar Via Facebook :